Candi Gedong Songo

Sebuah bangunan Candi yang terletak di Kabupaten Semarang. Ya..kalo dilihat dari namanya Candi Gedong Songo bisa diartikan bahwa disini (sebetulnya) ada Bangunan Candi yang berjumlah Songo ( dalam bahasa Jawa Songo = 9,  dibaca sembilan ). Knapa saya menulis sebetulnya, itu karna sekarang yang masih utuh / bisa dinikmati bentuk candinya, cumak sekitar empat atau lima buah.. Saya sendiri sempat bertanya knapa bisa begitu..jawaban yang saya terima juga terkesan asal…( eehh..maaf ). Sebagian tuh rusak karna alam…alam yang mana ? Alam adiknya Veti Vera ? ( hehehehe..bercanda ).

9

Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi,Kec. Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tentunya. Tepatnya di lereng Gunung Ungaran.  Candi ini terletak pada ketinggian kisaran 1.200 M DPL.  Dan suhu di sana 25′ C. Info itu saya dapatken dari hape jadul yang saya punya. Percayalah !!!

Perjalanan dari Semarang bisa ditempuh lebih kurang sekitar 2 jam pake mobil kecil !! Itu juga sebenernya saya sudah ngebut dan kenak macet karena pas hari weekend !! Brarti tanpa macet durasinya bisa ditawar dan dapet diskon 30 menit. Idealnya memang pake mobil pribadi. Lha trus kalo pake bus gimana ? ( Saya jawab sendiri ) ~> kalo pake bus besar ( seat 48 ) atau medium (seat 30) ada sentral parkirnya sendiri… dari sentral parkir menuju obyek ya jalanlah kaki…lumayan ngos-ngosan dikarenakan jalan menanjak .. Sesampainya di obyek tolong plis beli tiket dulu. HTM untuk domestik Rp. 7.500,- . Trus baru kita masuk … Lhah pas kita masuk, ada banyak sekali pedagang ( biasa…namanya juga obyek wisata ) khas obyek tersebut. Mulai dari souvenir…jagung bakar sampai sate !! Duh aromanya..sedapnyaaaa.. Saya sii nggak sempat survey brapa harganya apalagi jajan. Wong bau harum sate saja sudah membuat kenyang perut ini.. 🙂  . Dan tak ketinggalan pulak, jasa sewa kuda !! Sewa kuda ini ditawarkan bagi mereka yang ndak kuat jalan kaki menanjak mengelilingi Candi. Harga sewanya Rp. 50.000 per kuda. Ini sangat membantu sekali. Tapi sekali lagi saya ndak nyewa..saya jalan kaki saja..irit beroo..   🙂 🙂   . Candi 1 yang menjadi tujuan pertama kunjungan sangat ramai…ya gimana ndak ramee..lha wong di sini paling dekat jangkauannya…lagian sebagian pengunjung yg kebetulan bareng dengan saya sudah gemppoorr , capek jalan dari sentral parkir.. Tapi lumayan untuk ajang narsis..pemandangan bagus, poto dari angel  manapun cukup bagus !!  Dan saking semangatnya untuk membantu ambil poto kaum narsis tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 16.00. ( Saya kebetulan nyampai pukul 14.00 ). Kabutpun turun..rombongan yang aku bawa dari Semarang memohon segera turun dan melanjutkan perjalanan kembali. Belum sempat kita naik ke Candi selanjutnya…tapi peserta yg kebetulan berasl dari pulau tetangga sudah merasa puas bisa melihat hamparan situs ini….okelah kalo begitu..akupun menuruti apa kehendak pesertaku…dan turunlah aku untuk melanjutkan pulang kembali ke Semarang….

91

Pembaca ndak usah kecewa…ya sapa tahu nti ada group lagi yang mintak ke sini…akan saya lanjutken tulisan ini. Lha apabila Anda memang penasaran ndak sabar nunggu cerita ini…hubungilah aku…nti tak anter kesana..  🙂  🙂

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: